Saturday, December 21, 2019

Fresh Graduate, Enrich Your Own Experience

Saya tergerak untuk menulis ini setelah sebelumnya saya menonton sebuah potongan video dari instagram. Video ini menayangkan seorang tokoh yang menyampaikan bahwa ada banyak lulusan Mahasiswa susah mendapatkan pekerjaan karena pada saat wawancara selalu ditanyakan "apa pengalaman kerja yang kamu punya?"

Beliau menyampaikan, seseorang yang baru lulus atau biasa disebut fresh graduate tentu belum memiliki pengalaman kerja sesuai spesifikasi yang diminta oleh banyak perusahaan di indonesia.

Beliau turut menyampaikan, jika kepada para fresh graduate ditanya,
"apa pengalaman kerja yang kamu punya?" Menurutnya, bisa dijawab
"Mereka yang sudah tua membawa masa lalu.. itu yang namanya pengalaman. Sedangkan
Saya masih muda, saya membawa masa depan"

Well, I have a bit different view of these statements... Those statements were not partly wrong but,

Memiliki pengalaman kerja bukan berarti kita harus sudah pernah bekerja di perusahaan.
Banyak hal-hal yang bisa diperhitungkan sebagai pengalaman kerja, contohnya: Praktek Kerja Lapangan atau magang atau ada yang menyebutnya Kuliah Kerja Nyata,
Berorganisasi baik di lingkungan akademis ataupun non akademis,
Membuat sebuah barang fisik maupun digital (barang kreatif, website, aplikasi)..

Saya berpendapat sebuah proses belajar seseorang hingga mampu memiliki hardskill ataupun softskill dapat disebut sebagai pengalaman....

Saya mengawali karir sebagai freelance programmer, memanfaatkan pengetahuan yang saya miliki dari awal masuk bangku kuliah...
Apakah saya bekerja di perusahaan? Tidak...
Apakah itu bisa disebut pengalaman kerja?
Tentu saja iya...

Pengalaman memang benar berada di masa lalu, namun pengalaman dapat mempengaruhi masa depan....

Memiliki pengalaman yang cukup, dapat membuat seseorang dengan bijak mengambil langkah-langkah untuk merubah masa depan yang cerah dan indah..

No comments:

Post a Comment

Your comment is welcome..