Thursday, October 22, 2015

Pengalaman Mengikuti Rekrutmen PCT Angkatan I Otoritas Jasa Keuangan Tahun 2014 (Part 1)

Yohooo.....

Sesuai dengan posting sebelumnya, kali ini saya akan berbagi tentang pengalaman saya mengikuti rekrutmen Pegawai Tata Usaha di Otoritas Jasa Keuangan (OJK), yang mana sepertinya disinilah saya mulai berkarya dan mengabdi pada Indonesia.

Let's get started....

Jadi, setelah berakhirnya proses rekrutmen PCS angkatan II sebelumnya (dimana saya dinyatakan tidak lolos pada hasil Psikotes 2), saya kemudian kembali mencari-cari lowongan kerja seperti sebelumnya. Fokus utama saya mendadak berubah, saya penasaran ingin mencoba bekerja di bagian HRD. Sebenarnya sebelumnya saya sempat mencoba mendaftar di sebuah perusahaan mini market, sebut saja Alfamart dan lolos hingga tahap wawancara akhir dengan pilihan jabatan sebagai Head of HRD, namun karena jadwal kerja yang berbenturan dengan jadwal kuliah (kuliah lanjutan dari D3 ke S1), saya mengurungkan niat untuk mengambil pekerjaan tersebut.

Singkat cerita, saya melakukan pengiriman lamaran yang sudah tak terhitung lagi jumlahnya ke berbagai perusahaan. Pengiriman lamaran tersebut tidak hanya dari online, tetapi juga melalui Pos dan email. Hingga akhirnya saya mendapatkan informasi bahwa OJK kembali membuka lowongan, hanya saja berbeda dari sebelumnya, lowongan ini dikhususkan hanya untuk jenjang Diploma 3 dengan jabatan sebagai Pegawai Tata Usaha.

Bersyukur memiliki ijazah Diploma 3, saya dengan segera membuka link website tempat pendaftaran online dilakukan. Berbeda dengan sebelumnya juga, dimana saya mendaftar pada hari-hari akhir sebelum penutupan rekrutmen PCS, kali ini saya mendaftar pada hari pertama pengumuman diinformasikan.

Setelah mendaftar, saya tetap mencari lowongan lainnya yang menarik hati saya. Kenapa sih harus mencari lowongan yang menarik hati? Pertanyannya kenapa  mencari pekerjaan yang tidak menarik hati, yang menurut saya apabila ternyata diterima kita hanya akan bekerja setengah-setengah karena ketidak tertarikan tersebut. Once again, that is my opinion.

Ketika hasil seleksi administrasi diumumkan, debaran jantung mulai meningkat, saya melakukan login ke website iradat selaku pelaksana rekrutmen OJK untuk memastikan apakah saya lolos ke tahap berikutnya ataukah tidak.

Hasilnya, Alhamdulillah saya lolos ke tahap berikutnya yang kemudian saya diminta melakukan persiapan berkas-berkas yang dibutuhkan untuk proses verifikasi sesuai dengan apa yang kita informasikan pada form pendaftaran sebelumnya.


Tahap berikutnya yaitu Psikotes 1, dilakukan pada salah satu Universitas di Pekanbaru (Alhamdulillah tidak harus ke Padang lagi). Saya sangat ingat, jadwal psikotes tersebut adalah hari Sabtu, dan menjadi hari yang menegangkan bagi saya. Menjadi menegangkan karena saya ternyata salah memasuki kampus (lol).

Univeristas yang menjadi lokasi tes ini memang memiliki dua kampus, kampus utama dan kampus kedua. Kampus yang kami datangi adalah kampus kedua dimana jaraknya menuju kampus utama cukup jauh, belum lagi waktu yang mulai menipis karena sudah mendekati jadwal tes. Dengan segera saya memutar kendaraan, kemudian melakukan akselerasi tinggi agar bisa segera sampai di kampus utama tersebut.

Gladly, saya berhasil mendahului waktu yang terus menipis lalu saya segera menuju tempat administrasi pendaftaran ulang tes dan menyerahkan berkas-berkas untuk dicek oleh panitia dan menunggu tes dimulai. Tes berjalan dengan baik, saya dapat menjawab banyak pertanyaan dari tes tersebut dengan percaya diri. Kami juga diberikan waktu istirahat sebelum masuk ke materi tes berikutnya (berbeda dengan tes PCS yang serasa balapan dengan waktu).

Setelah tes berakhir, saya bernafas lega karena tidak menyangka masih bisa mengikuti tes tersebut padahal nyaris pasrah kalau sampai telat lol.

Sambil menunggu pengumuman Psikotes 1, saya kembali lagi mencari-cari informasi tentang lowongan pekerjaan lain. Backup plan, harus selalu ada agar kita terbiasa menghadapi situasi dimana keadaan tidak sesuai dengan yang kita inginkan (learn from the experiences).  Masih pada fokus sebelumnya, dimana saya masih mengejar posisi sebagai HRD dan tidak lupa saya iseng mencoba melakukan apply job pada perusahaan-perusahaan teknologi seperti Google, Microsoft, Facebook, dan banyak lainnya. Tetapi, belum ada respon dari perusahaan-perusahaan tersebut hingga sekarang another lols.

Sampai pada akhirnya pengumuman Psikotes 1 tiba yang kembali mendebarkan jantung :D

Dengan perlahan saya login ke website pengumuman (bohong, sebenarnya tidak perlahan melainkan buru-buru.hehehe), saya melakukan cek ke menu hasil Psikotes 2 dan,

Tertera tulisan bahwa saya lolos seleksi Psikotes 1 dan berhak mengikuti seleksi Psikotes 2 (serta diminta untuk mempersiapkan berkas-berkas yang dibutuhkan).
Seakan tidak percaya, saya kembali melihat tulisan tersebut dan menghayati serta bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa bisa lolos ke tahap berikutnya.

Setelah itu,

Lanjut di postingan berikutnya saja ya, biar tidak terlalu panjang di postingan ini (baca: lagi malas ngetik.hehehe).

Salam,
Andre

No comments:

Post a Comment

Your comment is welcome..